Hampir seluruh masyarakat di era digital seperti saat ini, menggunakan media sosial sebagai media untuk mendapatkan informasi. Oleh sebab itu, konten visual menjadi konten yang penting untuk diperhatikan.
Terlebih, konten jenis visual ini merupakan konten yang digemari oleh masyarakat, mengingat pada dasarnya manusia adalah makhluk visual. Dikatakan juga, hampir 50% otak kita terlibat dalam proses visual dan 90% informasi yang dikirim ke otak bersifat visual. Bahkan, otak manusia memproses gambar 600.000 kali lebih cepat jika dibandingkan ketika memproses teks.
Kelebihan manusia tersebut haruslah kamu manfaatkan khususnya dalam dunia bisnis online yang bergantung pada konten berjenis visual pada media sosial bisnismu. Dengan demikian, pengemasan informasi lewat konten visual dalam media sosial perlu untuk dibuat agar lebih banyak audiens yang tertarik dengan konten yang kamu buat. Banyaknya audiens yang berinteraksi dengan konten yang kamu buat juga dapat berbanding lurus dengan penjualan produk bisnismu lho!
Nah, sebenarnya apa saja jenis konten berbentuk visual yang bisa digunakan dalam media sosial bisnis?
Bikin Kreatif akan kasih tahu kamu 5 jenis konten visual untuk menarik engagement media sosial bisnismu!
1. Carousel
Carousel merupakan jenis konten visual yang menggabungkan beberapa gambar/video pada satu konten secara bersamaan. Melalui jenis konten carousel, informasi yang disajikan dapat tersampaikan secara lebih jelas dan berkembang, karena dalam jenis carousel dapat memungkinkan audiens untuk memperoleh informasi yang tadinya hanya tercantum pada satu konten visual saja, menjadi terbagi dalam beberapa seri.
Misalnya, pada media sosial Instagram, maksimal jumlah gambar/video yang diunggah dalam 1 carousel adalah 10 gambar/video. Jadi, jika kamu ingin menjelaskan produkmu, kamu bisa menjelaskannya dalam satu kali unggahan/post dan tidak terpisah pada beberapa unggahan/post.
Biasanya, konten carousel dibangun dengan menggunakan storytelling, sehingga konten berjenis carousel ini juga dapat meningkatkan engagement konten yang ada di media sosial kamu!
2. Foto Naratif
Jenis konten lainnya yang bisa kamu gunakan untuk akun media sosial bisnismu adalah foto naratif. Dalam jenis konten foto naratif ini, kamu bisa menggunggah foto/gambar dan menambahkan teks pada caption berupa sebuah narasi dari konten foto tersebut.
Sebenarnya jenis konten foto naratif ini biasanya digunakan oleh para jurnalis fotografi yang ingin membagikan momen ataupun cerita melalui sebuah foto yang tidak biasa. Cerita tersebut juga tidak hanya disajikan dengan foto yang indah, namun dijelaskan juga melalui narasi-narasi yang powerful.
Melalui konten ini, kamu bisa membangun emosi para audiens media sosial kamu, sehingga akan membuka peluang agar audiensmu ingin meninggalkan komentar atau bahkan tak segan-segan menekan tombol like dan share.
3. Video Iklan
Nah, untuk jenis konten yang satu ini, pasti kamu juga sudah familiar. Konten video iklan secara umum adalah suatu konten berbentuk audio-visual yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk ataupun jasa. Sejalan dengan perkembangan teknologi, konten video iklan tidak hanya ditayangkan melalui televisi, namun, konten jenis ini juga sudah berlalu lalang di segala platform media sosial.
Untuk lebih mengenalkan produk bisnis yang kamu tawarkan, kamu juga bisa membuat video iklan yang nantinya kamu unggah di media sosial bisnis kamu. Tidak seperti video iklan di televisi, konten video iklan di media sosial biasanya berdurasi sekitar 30-90 detik.
Konten jenis ini juga pastinya dapat lebih menarik audiens kamu karena mereka dapat dimanjakan dengan gambar visual yang bergerak serta iringan musik/suara yang menghiasi konten tersebut. Apalagi, apabila kamu dapat mengemasnya dengan unik, kreatif serta menarik. Dijamin deh, audiens kamu bakal betah sama konten yang buat!
4. Quote
Selain ketiga jenis konten-konten tersebut, kamu juga bisa membuat konten yang berisikan kutipan atau juga dikenal dengan istilah “quote”. Konten quote ini biasanya diisi dengan kutipan-kutipan dari tokoh-tokoh terkenal ataupun pendapat seseorang yang inspirasional dan memotivasi masyarakat umum.
Melalui konten berjenis quote ini, kamu bisa menyajikan kata-kata ataupun kutipan-kutipan dari berbagai sumber yang bisa menggugah emosi audiens yang membacanya. Dari sisi visual pun, kamu tidak terlalu pusing untuk men-desain konten, karena biasanya konten jenis quote ini dapat dieksekusi secara sederhana, namun tetap dapat menarik mata audiens kamu.
Sebagai contoh, kamu bisa menggugah kutipan-kutipan dari tokoh terkenal yang sudah sukses, seperti Jack Ma, Steve Jobs, dan lain sebagainya.
5. Meme
Konten yang kamu unggah di media sosial bisnis kamu juga tidak selalu harus konten yang serius lho! Konten visual dengan tema humor, juga bisa jadi pilihan untuk media sosial bisnismu, seperti konten “meme”.
Konten meme ini biasanya dibuat tanpa “aturan-aturan” tertentu, dan biasanya merupakan suatu modifikasi dari konten-konten yang sudah beredar, kemudian ditambahkan teks/kata-kata tertentu yang disesuaikan dengan keinginan si pembuat konten. Misalnya, jika kamu memiliki akun media sosial tentang produk sepatu, kamu bisa membuat konten meme yang sedang viral, lalu kamu modifikasi dengan menghubungkan konteks meme tersebut dengan produk sepatu kamu.
Pengaplikasian konten meme umumnya merupakan konten yang berdasarkan kreatifitas murni dari pembuat konten. Jadi, jika kamu membuat konten meme, usahakan untuk membuat konten yang kreatif dan mampu membuat audiens merasa terhubung ataupun tertarik dengan meme yang kamu buat. Dengan demikian, konten yang kamu buat tentu meningkatkan engagement audiens kamu.
Itu dia 5 Jenis Konten Visual untuk Menarik Engagement Media Sosial Bisnismu.
Semoga bermanfaat ya dan selamat mencoba!