Sekarang, peran media sosial penting banget lho untuk bisnis. Media sosial bisa jadi salah satu wadah untuk digital marketing dari produk yang Kamu jual. Tapi tau gak sih, kalo masih banyak para pelaku bisnis yang belum maksimalin penggunaan sosial media mereka. Apa Kamu termasuk sama mereka?
Nahh, biar Kamu ga bingung lagi, ini dia 6 langkah yang bisa kamu lakukan buat maksimalin media sosial bisnis kamu.
1. Riset Audiens
Sebelum bisnis Kamu terjun ke sosial media, Kamu perlu riset audiens dulu nih.
Lho, emang buat apa? Kan semua orang bisa liat sosial media kita?
Memang betul semua orang bisa liat, tapi audiens juga perlu merasa relate sama postingan kamu, jadi mereka tertarik buat beli produk Kamu. Maka dari itu, kamu perlu nentuin audiens kamu sama seperti kamu nentuin target pasar produk Kamu. Apakah produk Kamu untuk anak muda? Ibu rumah tangga? Atau bahkan orang lanjut usia? Nah kamu perlu riset dulu supaya mereka tertarik sama konten dan produk Kamu.
2. Riset Konten
Kalo kamu udah nentuin target audiens, saatnya kamu ngelakuin riset konten. Kira-kira konten apa aja sih yang bisa relate sama audiens kamu? Di sini kamu perlu ide-ide kreatif untuk ngehasilin konten yang bagus serta menarik perhatian audiens. Lebih bagus lagi kalo kamu juga bikin konten yang interaktif, biar audiens ngerasa deket sama Kamu dan produk yang kamu tawarin.
3. Desain Konten
Selanjutnya Kamu bisa bikin desain yang menarik nih buat konten-konten kamu. Desain konten yang menarik bisa bikin target audiens betah liat sosial media Kamu. Pastiin desain konten yang kamu buat menarik, gak berlebihan, dan sesuai ya sama target audiens Kamu. Di sini ide kreatif juga penting banget nih, biar postingan Kamu gak ngebosenin. Tapi jangan lupa, desain yang Kamu bikin disesuaikan sama branding produk Kamu ya!
4. Copywriting
Copywriting tuh penting banget lho buat promosi produk kamu! Caption di postingan yang menarik dan ga ngebosenin bisa bikin audiens betah liatnya. Kamu bisa bikin tulisan yang powerful dan impactful biar audiens tertarik buat beli produk Kamu.
5. Hashtag Target
Ini juga hal yang ga kalah penting lho! Penggunaan hashtag bisa bantu kamu untuk reach target audiens, jadi mereka bisa dengan mudah liat sosial media Kamu. Pastiin hashtag yang Kamu buat sesuai dengan produk yang Kamu tawarkan, ya!
6. Admin Posting
Terakhir yang ga kalah penting yaitu admin pemegang sosial media. Jangan salah lho, waktu posting bisa mempengaruhi reach postingan Kamu ke audiens. Kamu bisa melakukan research mengenai waktu ideal dimana audiens sedang banyak yang mengakses sosial media. Selain itu, admin juga perlu untuk aktif seperti membalas DM serta komen dengan para audiens, sehingga mereka merasa dekat dengan Kamu.
Nah itu dia beberapa langkah untuk maksimalin penggunaan media sosial bisnis kamu. Dengan sosial media yang oke, kamu bisa ningkatin bisnis Kamu lho! Semangat ya!