Sejak beberapa tahun terakhir, platform TikTok yang dirilis pada tahun 2016 ini terlihat semakin eksis. Di tengah berbagai industri yang collaps karena pandemi covid-19, kepopuleran media sosial TikTok justru semakin meningkat. Bahkan, data dari Insider Intelligent menunjukkan bahwa media sosial TikTok diprediksi akan menempati posisi ke-3 di tahun 2022 sebagai media sosial terbesar di dunia, setelah Facebook dan Instagram.
Melihat potensi tersebut, banyak dari pelaku bisnis yang mulai terjun untuk melebarkan bisnis mereka lewat TikTok. Saat ini, memang aplikasi TikTok tidak hanya dihiasi oleh konten-konten hiburan. Konten-konten seperti campaign ataupun bisnis juga sudah banyak bertebaran, ditambah lagi, TikTok sudah menambah fitur TikTok for Business yang semakin mempermudah pelaku bisnis untuk meningkatkan penghasilan bisnis mereka lewat TikTok.
Nah, buat kamu yang lagi menjalankan bisnis, apakah kamu masih ragu untuk ikut menggunakan TikTok sebagai salah satu media pemasaran bisnismu?
Kalau masih ragu, Bikin Kreatif punya rangkuman 4 alasan sudah saatnya kembangkan bisnismu lewat TikTok biar kamu semakin yakin!
1. Fitur lengkap untuk video promosi
Bagi kamu yang sering merasa kesulitan untuk membuat video promosi produk bisnismu, fitur video editing di TikTok yang sederhana dan lengkap pastinya bisa jadi solusi. Dalam fitur video editing-nya, TikTok menyediakan layanan yang lengkap, seperti kamu bisa merekam video, menambahkan sound/musik, stiker, filter, text, dan lain sebagainya.
Nah, selanjutnya, kamu bisa kreasikan video promosi kamu semenarik mungkin, dijamin deh, video promosi kamu akan berpotensi untuk menarik lebih banyak calon konsumen untuk produk bisnismu!
2. Perilaku Pengguna TikTok yang Aktif
Perilaku pengguna aplikasi TikTok yang aktif, juga bisa jadi peluang untuk mengembangkan bisnismu lho! Dalam menonton video di TikTok, baik video promosi, iklan, ataupun video hiburan, biasanya, pengguna TikTok memiliki perilaku untuk melakukan tindakan lanjutan, seperti memberikan like, mengeklik iklan, mengunjungi akun profil brand dan lain sebagainya.
Nah, perilaku pengguna TikTok tersebut pastinya sangat cocok untuk memasarkan produk bisnismu, bukan? Video promosi yang memiliki engagement yang tinggi pastinya bisa membantu menaikkan paling tidak awareness dari brand bisnismu!
3. Dapat menjangkau audiens lebih banyak lewat For Your Page (FYP)
Yes! Halaman beranda di TikTok yang memiliki konsep “For You Page” atau biasa disingkat menjadi “FYP”, dapat memberikan peluang bagi video promosimu untuk menjangkau lebih banyak audiens. Hal ini karena, dengan sistem FYP yang unik, video apapun yang diupload di TikTok dapat berpeluang untuk masuk ke halaman beranda/home pengguna lain, meskipun pengguna tersebut tidak saling mengikuti (follow) akun mereka satu sama lain.
Dengan demikian, jika kamu mampu membuat video promosi yang menarik perhatian audiens, dijamin deh, video promosi bisnismu bisa jadi viral dan brand bisnismu lebih dikenal banyak orang!
Oiya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan nih agar video promosi kamu bisa viral, pertama, perhatikan tren yang ada yaa, jadi kamu harus lihat tren yang lagi disukai sama audiens itu seperti apa. Kedua, perhatikan juga penggunaan musik/sound pada video promosi kamu, Ketiga, jangan lupa untuk memberikan caption dan hashtag agar lebih memperjelas informasi yang ada di video promosi kamu. Jangan sampai membuat audiens justru bingung ketika menonton video promosi bisnismu yaa!
4. Adanya TikTok for Business
Salah satu pembaruan yang TikTok berikan kepada penggunanya adalah adanya TikTok for Bussiness. Fitur ini pastinya cocok banget buat para pelaku bisnis seperti kamu!
Nah, sebenernya apa sih perbedaan antara TikTok for Business dengan akun TikTok biasa? Jadi, melalui TikTok for Business, akun TikTok bisa digunakan untuk berjualan secara lebih spesifik karena menyediakan beberapa fitur tambahan yang memudahkan para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka di TikTok, sedangkan dalam akun TikTok personal, fitur-fitur yang disediakan hanya untuk penggunaan biasa.
Supaya bisa kenal lebih jauh, ini dia beberapa fitur-fitur spesial pada TikTok for Business yang tidak disediakan di akun TikTok personal :
-Unique Engagement Solution
Fitur unik yang satu ini, bisa membuat kamu sebagai pelaku bisnis yang menggunakan TikTok menjawab pertanyaan audiens dengan cara berbeda. Biasanya, untuk menjawab pertanyaan melalui komentar di video, hanya bisa dijawab lewat komentar saja. Namun, dengan fitur ini, kamu bisa membalas pertanyaan ataupun komentar dengan video lho!
-Real-time Performance Tracking
Seperti namanya, di fitur ini, kamu bisa melihat bagaimana performance dari setiap konten yang kamu unggah di akun TikTokmu secara real time. Fitur ini tentu dapat memudahkan kamu untuk menyusun strategi pemasaran selanjutnya akan seperti apa, termasuk bagaimana caranya untuk lebih meningkatkan perfomance konten kamu apabila hasil performance di konten sebelumnya masih kurang.
-TikTok Ads
Sebagai pelaku bisnis, fitur TikTok Ads ini pastinya menjadi salah satu fitur yang kamu butuhkan. Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mengiklankan konten video promosimu sehingga produk bisnis yang kamu pasarkan bisa menjangkau audiens yang lebih banyak.
Nah, itu dia 4 alasan kenapa sudah saatnya kamu mengembangkan bisnismu lewat TikTok! Kalau kamu masih bingung harus mulai darimana atau kesusahan membuat konten-konten di TikTok karena kamu enggak ada waktu luang, kamu bisa konsultasiin masalahmu di BikinKreatif.id dengan klik tombol warna kuning “Hubungi Kami” di halaman pojok kanan atas ya!