Sering pusing karena kehabisan ide konten buat postingan konten marketing bisnis kamu? Disini Biko bakal kasih kamu tips gimana dapetin ide konten marketing biar kamu gak lagi pusing mikirin harus bikin konten apa buat bisnis kamu!
Mikirin ide konten emang bikin pusing ya… ada aja mentoknya. Padahal ide konten sendiri sebenernya banyak lho dan bisa kita kulik plus kita modif biar makin ciamik dan selalui punya list ide konten. Nah buat kamu yang bingung gimana caranya biar akun sosial media bisnismu anti mati ide, simak beberapa tips berikut ini ya:
1.Pilih Jenis Konten.
Nah sebenarnya jenis konten buat ide bisnismu itu ada banyak lho. Kalau disini Biko mau menggolongkan menjadi 4 jenis ide konten yakni: konten inspirasi, konten edukasi, konten kekinian dan konten hiburan. Nah kamu bisa memilih salah satunya saat akan membuat konten, biar isi konten kamu enggak cuma jualan doang.
Konten inspirasi ialah konten yang dapat memberikan insight baru pada audiens seputar bisnismu. Misalkan bisnis yang kamu tawarkan ialah kosmetik, maka kamu bisa membuat konten inspirasi bagaimana kosmetik yang sasarannya Wanita karir dan bagaimana kosmetik yang sasarannya remaja yang sedang berkuliah. Dimana kosmetik untuk Wanita karir dapat digambarkan dengan riasan wajah yang on poin dan sedikit tebal sedangkan untuk mahasiswa bisa menggunakan riasan wajah natural.
Konten edukasi ialah sebuah konten yang berisi informasi menarik yang ada kaitanya dengan bisnismu. Misalkan bisnismu ialah bisnis kosmetik maka kamu bisa membuat konten edukasi bagaimana cara mencuci wajah yang benar. Yang jelas konten edukasi ini bukanlah konten hardselling yang menjual produk tapi lebih mengarah pada bagaimana kebermanfaatan akunmu untuk para audiens.
Konten kekinian ialah konten yang dipadukan dengan hal yang sedang trends saat ini. Ikuti perkembangan trends dan coba pikirkan bagaimana cara terbaik binismu bisa dipadukan dengan trends tersebut.
Konten hiburan ialah konten yang bertujuan untuk menghibur dan menjalin interaksi dengan audiens, konten ini biasanya memaksimalkan penggunaan fitur media sosial terupdate. Bila kamu menggunakan Instagram kamu bisa membuat story dengan berbagai fitur yang disediakan oleh Instagram.
2. Menggunakan ide konten yang sering dicari oleh orang-orang.
Untuk membuat sebuah konten kamu bisa mencari dan menganalisis jenis konten apa saja yang biasa dicari oleh para niche market kamu.
Untuk mendapatkan content marketing ini kamu bisa mencarinya di kolom komentar postingan konten sejenis (request orang lain konten apa saja yang ingin mereka ketahui), kamu juga bisa menanyakan langsung pada audiens kira-kira mereka ingin kamu membahas seputar apa agar mereka bisa mendapatkan info yang mereka inginkan dan kamu tidak perlu pusing memikirkan ide konten.
3. Mencari Ide Konten Dari Buyer Persona
Apabila kamu sudah memetakan dan membuat daftar buyer persona untuk bisnismu, cara ini bisa kamu gunakan untuk membuat ide konten. Buatlah ide konten dari permasalahan atau challangernya. Misalnya saja kamu memiliki bisnis hijab dan buyer personamu memiliki masalah ‘pakai hijab selalu letoy ridak pernah tegak di dahi’ maka kamu bisa membuat ide konten Instagram ‘tips agar hijab anti letoy’.
4. Sering-Sering Riset Konten
Apabila kamu sering merasa bingung mengenai mencari ide konten yang menarik. Kamu sepertinya perlu memperbanyak bermain sosial media dan riset ide konten dari model bisnis sejenis. Dari riset seperti ini kamu pasti akan mendapatkan insight baru untuk konten-konten akun bisnismu. Kamu juga tidak perlu takut untuk meniru konten yang kamu rasa menarik, asalkan kamu menerapkan system ATM (amati, tiru, modifikasi) maka tidak masalah untuk membuat konten yang senada dengan konten pesaing bisnismu.
Inilah 4 cara yang bisa kamu lakukan biar enggak kehabisan ide konten!
Tapi kalau kamu udah mentok buat mikirin ide konten dan malah enggak focus sama bisnismu kamu bisa konsultasikan konten media sosial Bersama Bikin Kreatif.