Akhir-akhir ini kata FOMO sering banget dipakai sama masyarakat kita, FOMO alias Fear of Missing Out adalah fenomena dimana orang tidak mau tertinggal dari trends.
Yang sering kita temui si orang yang setiap ada trend baru pasti ia ikuti, apa-apa ikut jadi sering orang bakal billang “FOMO banget si…”
Nah konsep FOMO ini bakal bagus banget kalau kamu bisa terapin di bisnis kamu lho..
Kamu bisa membuat customer kamu menjadi FOMO dan menjadikan produkmu laris manis!
Walau konsep FOMO ini baru booming beberapa tahun terakhir ini, namun ternyata konsep FOMO sudah ditemukan sejak 2013 oleh Dr. Andrew K. Przybylski.
Lalu bagaimana caranya menerapkan konsep FOMO ini kedalam marketing?
Oke.. sekarang coba kita kenalan konsep FOMO di dunia marketing, kamu pasti udah nggak asing kan dengan konsep marketing diskon? Diskon juga bisa masuk dalam FOMO marketing lho… penasaran gimana caranya bikin Diskon bisa seasyik FOMO marketing? Simak artikel ini sampai selesai ya..
Jumlah Stok yang Terbatas
Pernah nggak liat sebuah brand yang hanya mengeluarkan hanya beberapa produk untuk satu seri? Itupun mereka terkadang menggunakan teknik PO, dan anehnya yang beli tetep banyak dan customer mereka bahkan mau mengantree untuk membeli produk tersebut, nunggu produknya open PO lagi.
Nah mari kita kupas strategi marketing yang mereka gunain..
Dengan membuat konsep stok terbatas (limited edition) membuat para customer merasa sangat bangga bila ia bisa mendapatkan produk tersebut. Rasa bangga ini termasuk dalam ego customer hampir sama dengan rasa bangga saat mendapatkan diskon.
Di sisi lain dengan stok terbatas juga memancing customer untuk segera membeli produk yang dijual, karena tertanam mindset apabila ia tidak segera membeli maka ia tidak akan mendapatkan produk tersebut, bisa-bisa produknya keburu habis dibeli orang lain. Pola pikir seperti ini sangat menguntungkan bagi pembisnis, karena apabila barang stok barang cepat habis maka akan meningkatkan margin penjualan.
Bangun Rasa Kompetitif Customer
Dalam strategi ini sebisa mungkin kamu untuk membuat customermu bersaing untuk bisa mendapatkan produkmu. Kamu bisa memamerkan berapa orang yang sudah memasukan prdukmu ke keranjang mereka, sehingg apabila customer tidak segera melakukan cekout mereka bisa saja kehabisan produk tersebut. Selain bermanfaat untuk produkmu yang sesegera mungkin dicekout oleh custoimer strategi ini juga bisa meningkatkan trust customer pada bisnismu. Calon customer akan berpikir ‘banyak orang yang ingin membeli produk ini, berarti ini adalah produk yang bagus’
Diskon Terbatas
Nah strategi yang satu ini yang sangat sering digunakan oleh pembisnis, Diskon Terbatas. Strategi ini bisa menumbuhkan sense of urgensi di mata customer untuk langsung membeli produkmu. Diskon terbatas membuat customer tidak memiliki banyak waktu untuk mempertimbangkan ‘butuh barang ini tidak ya, nantinya akan terpakai tidak ya… dll’ yang akan mereka pikirkan ialah ‘mumpung diskon dan waktunya cuma sedikit, aku harus dapet barang ini’. Pertimbangan akan kebutuha dan kegunaan barang akan mereka kesampingkan.
Nah itulah 3 strategi FOMO Marketing yang bisa langsung kamu terapkan ke bisnismu biar bisnismu di FOMOin sama customer!!!
Butuh info lebih lanjut seputar strategi marketing? Kamu bisa konsultasikan Bersama Biko dengan klik tombol hijau di pojok kana bawah ya…