Media promosi digital saat ini berkembang pesat. Karena kebanyakan perilaku konsumen saat ini selalu berinteraksi dengan handphone maupun laptop. Para penjual jasa maupun barang mulai melirik pemasaran marketing atau yang sering kita sebut digital marketing. Digital marketing ini cangkupannya sangat luas. Muali dari Search Engine Optimation, Search Engine Marketing, Email Adversitising, Video marketing, dan masih banyak lagi
Lalu, apa sebenarnya Search Engine Marketing atau yang sering disingkat SEO ini?
Apa itu Search Engine Marketing?
Search Engine Marketing adalah bentuk promosi digital untuk meningkatkan visibilitas web di halaman hasil mesin pencari.
Traffic website yang biasanya organik, di SEM ini kita membeli traffic dari mesin pencari seperti Google. Banyak orang yang mencari informasi dari Google, tidak hanya informasi umum saja tapi bisa informasi mencari produk maupun jasa.
Cara kerja SEM ini adalah dengan mengandalkan kata kunci. Bisa dengan kata kunci yang sering dicari oleh konsumen. Jika konsumen mencari sesuatu di mesin pencari, lalu hasilnya akan muncul di atas sendiri adalah website yang sudah menggunakan SEM ini.
Sepenting Itukah Search Engine Marketing?
Dari SEM, website kita menjadi ada di posisi teratas di hasil mesin pencari. Dari cara ini, konsumen akan lebih mudah mengunjungi website karena ada di tempat pertama di mesin pencari yang konsumen lihat.
Ada yang lebih menarik lagi dari SEM, karena pengunjung website mencari sendiri kata kuncinya, dipastikan pengunjung merupakan calon konsumen yang memang membutuhkan jasa maupun produk. Dengan ini, secara pemasaran tentunya lebih tertarget, kan?
Kalau kita mengiklan di radio, atau media iklan konvensional lainnya, konsumen hanya melihat sekilas karena memang belum tentu butuh. Tapi kalau SEM, pengunjung dengan sadar memang sudah terbuka untuk informasi yang dicari.
Tertarik coba Search Engine Marketing untuk bisnismu?