Apa sih yang membuat K-pop digilai, bahkan di dunia? Bagaimana cara mereka mempromosikan K-pop agar diterima oleh penggemar bahkan penggemar di belahan dunia lain? Sampai-sampai berita keluarnya Yedam & Masiho dari Treasure trending juga di Sosial Media Indonesia.
Pada tahun 2021 lalu, nilai pasar Kpop diperkirakan lebih dari USD 4,6 miliar atau setara Rp 70 triliun. Untuk meningkatkan persepsi kecantikan Korea, hampir semua merek Korea bahkan menandatangani perjanjian dengan para artis Kpop terkenal. Jadi jangan heran lagi kalau perusahaan Indonesia pun tak kalah menggunakan artis k-pop sebagai BA mereka berarti perusahaan berharap penjualan akan meningkat terutama barang-barang yang di promosikan oleh si aktris atau aktor.
Beberapa Trik Marketing ala K-pop Yang Patut di Contoh
- Memanfaatkan Media Sosial
Tak hanya digunakan untuk mengenalkan produk atau informasi baru pada para penggemar, media sosial bisa digunakan untuk mendekatkan penggemar dengan para idolanya. Misalnya dengan siaran live yang dilakukan idolanya langsung untuk menyapa penggemarnya. - Punya Bahasa Komunikasi Sendiri
Bias, comeback, fandom,ultimate bias, bias wrecker, rookie, sunbae dan hobae, maknae, golden maknae, borahe dan istilah istilah lainnya. Untuk kamu yang bukan penggemar k-pop pasti sangat asing dengan istilah-istilah ini. Menciptakan bahasa yang hanya dipahami oleh penggemar Kpop adalah teknik penyebaran industri musik Kpop yang sangat efektif. Memberi mereka ‘dunia’ yang tidak akan pernah bisa mereka tinggalkan.
- Lebih Dari Sekedar Genre Musik
Yang dikenalkan dan dipromosikan bukan hanya ‘musik’, tapi lebih dari itu.
Banyak idol kpop yang muncul dalam iklan, aktifitas komersial, melakukan berbagai kegiatan dengan para penggemar, tampil dalam berbagai variety show, sampai jadi cameo dalam drama atau film. - Dibalik Layar
Konser dan pertunjukan musik bukan satu-satunya bentuk hiburan yang diproduksi industri musik Korea Selatan. Tapi ditampilkan juga video Behind The Scene dibalik konser tersebut. Apa saja yang para idol alami saat sedang melakukan persiapan untuk konser, sampai saat konser tersebut berhasil dilakukan.Tak jarang, di sisipi juga video interview masing-masing member kpop. Cara inilah yang juga membuat para penggemar semakin berbaur dan merasa dekat dengan idolanya.
Semoga Bermanfaat.