Bisnis saat ini sedang tengah gencar melakukan brand awareness. Meningkatkan kesadaran tentang nilai sebuah merek atau brand memang penting. Bisnis kita mudah diingat.
Banyak cara untuk meningkatkan brand awareness, salah satunya adalah dari tagline. Tagline sendiri merupakan kalimat sederhana untuk mendukung nama merek, menjelaskan apa yang dijual dan value tentang merek tersebut. Tagline biasanya dibuat untuk terdengar unik dan mudah diingat.
Contoh taglinenya seperti ‘Just Do It’ milik merek Nike, ‘I’m Lovin’ It‘ milik merk McDonals. Siapa yang tidak tahu tagline ini? Itulah kegunaan tagline, walaupun hanya disebutkan taglinenya, orang bisa tau merek apa yang memiliki tagline tersebut.
Desain dahulu logo milikmu
Sebelum menuju ke Tagline, alangkah baiknya kamu sudah memiliki logo dahulu. Logo ini harus menunjukan identitas dari usaha atau bisnismu. Tentunya deangan visualisasi yang menarik juga memikirkan perpaduan warna yang akan menjadi ciri khas merekmu.
Mulai mencari tahu manfaat dan keunggulan bisnismu
Ini juga hal yang tidak bisa kamu lepaskan saat membuat tagline. Kenali manfaat dan keunggulan untuk bisa diterapkan dalam taglinemu.
Contoh: ‘Mengatasi masalah tanpa masalah” milik Pegadaian
Pilih kalimat yang simple
kalimat yang simple atau sederhana dalam tagline juga akan membuat merekmu diingat. Boleh dengan menggunakan kalimat pendek yang memiliki rima.
Contoh: ‘Terus terang, Phillips terang terus’ milik perusahaan lampu Phillips
Memancing Ajakan
Bisa menggunakan ajakan sebagai tagline juga, loh. Biasanya berupa kalimat pernyataan.
Contoh: “Cintai ususmu minum Yakult tiap hari” milik Yakult
Bisa menggunakan visi bisnismu
Visi bisnis yang sederhana ternyata bisa menjadi tagline yang menarik.
Contoh: ‘Saatnya bisnismu meroket’ milik Bikin Kreatif Digital Agency
Hindari overclaim di taglinemu
Siapa yang sering dengar tagline ‘No.1 di Indonesia’ atau ‘Paling Laris’. Nah, sebaiknya dihindari karena terlalu melebih-lebihkan hanya akan membuat pelangganmu kecewa.
Jangan meniru tagline milik orang lain
Selain tagline menjadi tidak dikenali, ini juga salah satu bentuk plagiarism, loh. Bukannya untung malah merugikan bisnis diri sendiri