Membangun bisnis tanpa modal besar emang jadi salah satu tantangan buat kita para pembisnis rintisan. Problematika kekurangan dana sering bikin mood jadi kurang baik buat ngejalanin bisnis. Tapi tentunya para pembinis rintisan enggak boleh langsung menyerah hanya karena kekurangan modal dong ya, masalah ini bisa diakalin kok…
Promosi produk yang tentunya membutuhkan biaya dan ketekunan agar bisnis Sobat Biko bisa growup dan menghasilkan banyak profit. Disini Biko mau ngajakin kamu buat mengenal salah satu teknik promosi produk yang gratissss tanpa ngeluarin uang sepeserpun. Disini yang kamu butuhin hanya ketekunan, keinginan belajar, dan praktekkin secara langsung!
Yaps!! Kamu enggak asing lagikan dengan istilah copywriting?
Nah, ininih solusi buat bisnismu bisa meroket tanpa harus keluarin biaya promosi yang besar!
Copywriting ialah tulisan yang bersifat persuasif, dimana tulisan ini diharapkan dapat mengajak dan memengaruhi pembaca. Bila diterapkan di dunia bisnis maka diharapkan copywriting dapat mengajak dan memengaruhi konsumen untuk membeli/mengikuti perintah/ menggunakan pruduk yang ditawarkan.
Lalu mengapa kita harus menggunakan copywtriting dalam promosi bisnis kita?
Selain tidak memerlukan biaya dalam usaha mempromosikan produk, menurut sebuah studi dari hubspot sebuah kampanye konten marketing yang dipadukan dengan copywriting yang memukau bisa meningkatkan 4,5 kali leads serta bisa menambah 3,5 kali lebih banyak kunjugan website yang akhirnya dapat menaikan traffic.
Cara Membuat Copiwriting yang Bisa Menarik Pembeli
1.Buat Headline yang Memikat
Headline adalah bagian paling awal sebuah tulisan, inilah mengapa headline copywritingmu harus dibuat sedemikian rupa supaya pembaca dapat tertarik untuk membaca informasi lebih lanjut dari tulisan tersebut.
Gunakan kalimat memikat untuk headline agar pembaca merasa penasaran dengan topik apa yang hendak kamu bahas, headline yang menarik akan meminimalisir para pembaca melewatkan promosi produk kamu.
2. Gunakan Gaya Bahasa Sesuai Golongan Target Market
Kamu pasti sudah tau kan mengenai target market? Dan apabila kamu sudah menentukan target market dari bisnismu, maka kamu dapat menerapan strategi gaya bahasa yang sesuai dengan target market sasaranamu. Misalnya target market produkmu ialah perempuan dan laki-laki rentan usia 18-25 tahun maka gaya Bahasa yang bisa kamu gunakan adalah bahasa gaul dan menyesuaikan dengan trend. Apabila target marketmu ibu rumah tangga maka bahasa yang kamu gunakan bisa disesuainkan dengan pilihan kata yang biasanya digunakan emak-emak.
3. Pakai Konsep Storytelling
Penggunaan storytelling dalam copywriting sudah bukan lagi hal baru. Teknik ini banyak digunakan karena dirasa lebih cocok dan lebih enak saat dibaca, adapun sebenarnya teknik copywriting menggunakan storytelling bisa menerapkan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action). Dengan bercerita kamu dapat membawa pembaca untuk mendapatkan informasi yang kamu sampaikan dengan cara yang sopan dan halus.
4. Kalimat yang Tidak Bertele-tele
Walau menggunakan konsep storytelling pastikan saat kamu memasarkan produk menggunakan copywriting kalimat yang digunakan tidak bertele-tele, berulang ataupun tidak mengunakan cerita yang tidak cocok dengan produk yang kamu tawarkan.
5. Sertakan CTA (Call To Action)
Setiap kamu menggunakan copywriting pastikan kamu menggunakan CTA di akhir kalimat. CTA ini akan memudahkan para customer untuk dapat melakukan Tindakan sesuai yang kamu perintahkan.
Inilah Cara Ampuh Promosi Produk tanpa Keluarin Biaya, copywriting solusinya! Mulai sekarang Sobat Biko bisa terpakan copywriting untuk promosi bisnis kamu dan rasakan manfaatnya!