Akun Instagram untuk bisnismu sering sepi komentar? Sepi juga interaksi di story? Padahal interaksi dengan customer atau yang biasa disebut engagement rate itu penting banget lho buat keberlangsungan bisnis yang dijalankan melalui media sosial.
Pengen interaksi dengan customermu lebih rame? Coba kita pelajari terlebih dahulu tentang engagement rate yuk.
Engagement rate ialah parameter yang digunakan untuk mengukur seberapa besar interaksi pengguna Instgram lain dengan konten yang kamu buat. Engagement rate bisa di ukur melalui likes, comments, direct messages, profile visits, shares, saved, followers, mentions, branded hashtag dll.
Setelah tahu tentang apa itu engagement rate mari kita membahas mengenai Cara Jitu bikin Instagram Bisnis rame Customer:
1. Buat Postingan yang Menarik
Sebuah postingan pastinya akan memengaruhi alogaritma instagrammu, terlebih apabila postingan yang kamu lakukan ini menarik bagi audiens maka akan dapat dipastikan enggangement rate juga akan naik.
Tidak hanya menarik, apabila postingan yang kamu buat relate dengan keadaan audiens maka bukan tidak mungkin penonton tidak hanya sekedar menonton saja melainkan mereka akan menglike, komen, save dan bahkan mengshare postingan tersebut.
2. Unggah Konten pada Busy Hour
Pengguna Instagram juga manusia, mereka memiliki kegiatan lain selain bermain media sosial, itulah mengapa kamu harus memahami busy hour Instagram agar dapat mengetahui di pukul berapa saja biasanya orang-orang menggunakan Instagram dan memungkinkan mereka untuk dapat menemukan postinganmu.
Busy hours Instagram sebenarnya tergantung pada karakteristik masing-masing penggunanya, kamu bisa mengamati hal ini dengan cara melihat insight postinganmu yang sudah lalu atau melakukan trial untuk mngetahui di pukul berapa biasanya audiens aktif online Instagram.
Info menariknya apabila kamu bingung bagaimana menganalisis audiens Instgrammu, bisa gunakan waktu terbaik upload konten menurut penelitian orang lain. Menurut Sproutsocial waktu terbaik untuk memposting di Instagram adalah pada setiap hari senin pukul 11.00 WIB, hari Selasa dan Rabu antara pukul 10.00-13.00 WIB, hari Kamis dan Jumat pukul 10.00-11.00 WIB dan usahakan untuk tidak mengunggah konten pada hari minggu.
3. Gunakan Caption yang User Friendly
Caption untuk sebuah postingan menjadi poin yang cukup krusial, penggunaan caption yang user friendly bisa menghilangkan jarak antara admin dan customer yang akhirnya menjadikan customer seperti sedang berbicara dengan temannya sendiri. Tentunya penggunaan caption yang user friendlypun tetap disesuaikan dengan target marketmu ya..
Selain caption yang user friendly kamu juga bisa menambahkan Call To Action (CTA) untuk mensugesti customer guna mengikuti perintah yang kamu inginkan.
4. Pengoptimalan Instastory
Selain postingan, instastory juga bisa membangun kedekatan antara kamu dengan customer. Kamu bisa membuat story yang interkatif seperti tanya jawab, pilih mana, meratting benda atau kondisi tertentu. Dengan cara ini engagement akan meningkat dan customer akan merasa lebih dekat dengan akun bisnismu karena mereka dilibatkan dalam kegiatan akun media sosialmu.
5. Konsisten dalam Membuat Konten
Customer akan senang apabila kamu rajin dalam membuat konten, buatlah timeline konten untuk postingan Instagrammu agar postingan instagrammu terlihat rapih dan terstruktur.
Selain dapat menaikkan enganggement rate, konsisten membuat konten juga dapat menjadikam merek bisnismu melekat di hati customer karena akun dan postingamu sering muncul saat mereka membuka Instagram.
Inilah cara jitu bikin instagram bisnis rame customer, kamu bisa segera mempraktekkannya agar semakin cepat menaikan enganggement rate instagram bisnismu dan menghasilakan banyak profit.
Apabila masih bingung dengan cara mengelola media sosial kamu bisa konsultasikan saja bermasa Bikin Kreatif dengan cara mengklik tombol “Hubungi Kami” di pojok kanan atas.