Bagi para pebisnis online, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Biasanya ketika sudah mendengar kata SEO, asumsi yang muncul adalah sebuah alat yang bisa mempermudah website untuk bisa naik ke ranking tertinggi dalam mesin pencarian (search engine) seperti Google.
Secara sederhana, asumsi tersebut dapat dibilang benar lho, sobat biko! SEO merupakan upaya/taktik yang digunakan untuk mengoptimalkan suatu blog ataupun website agar memungkinkan blog atau website kamu dapat berada di peringkat teratas dari mesin pencarian.
Apabila sudah berada di peringkat teratas, maka peluang website atau blog kamu untuk menjangkau calon konsumen potensial akan lebih meningkat karena akan lebih banyak pengunjung yang datang ke blog atau websitemu.
Dengan memanfaatkan SEO, brand awareness dan kredibilitas dari bisnis onlinemu dapat lebih meningkat. Ditambah lagi, SEO ini bisa gratis lho!
Nah, bagaimana cara untuk mengoptimalkan SEO biar bisnis onlinemu makin dilirik?
Memilih Kata Kunci yang Tepat
Kamu pasti sudah hafal bagaimana cara kerja mesin pencarian google. Biasanya, google akan menampilkan hasil pencarian website yang memiliki kata kunci yang sedang kita cari. Di halaman pertama pencarian google, biasanya akan memunculkan website-website yang paling sering diklik karena dinilai memiliki jawaban yang paling relevan.
Nah, biar website kamu masuk ke peringkat teratas di halaman pertama pencarian google, kamu harus menggunakan kata kunci yang relevan,populer dan sering digunakan. Kamu harus tahu nih, kira-kira untuk topik yang ada di website kamu, kata kunci/keyword yang biasa dicari dan digunakan orang itu seperti apa.
Untuk mengetahui kata kunci yang paling sering dicari, salah satu tools yang bisa kamu gunakan adalah Google Keyword Planner. Selain itu, kamu juga bisa mencari kata kunci populer melalui Google Trends.
Gunakan URL yang sederhana
Menggunakan URL atau link yang sederhana atau bisa juga disebut SEO friendly pada website kamu, akan memudahkan mesin pencarian untuk mengenali topik yang kamu sedang bahas dalam website.
Sebaiknya, pada URL atau link kamu hanya mencantumkan fokus kata kunci yang memang kamu targetkan. Batasi kata yang digunakan hanya sejumlah 3-5 kata saja. Judul dan kalimat pada URL atau link juga tidak harus sama persis.
Kamu bisa tulis secara singkat poin penting atau kata yang kamu targetkan dalam judul pada URL atau link kamu. Dengan demikian, peluang websitemu akan lebih SEO friendly sehingga lebih mudah untuk menjankau lebih banyak pengunjung website.
contoh:
https://bikinkreatif.id/sosmed/
URL atau link tersebut ditujukan untuk halaman landing page layanan social media management dari BikinKreatif.id. Daripada menggunakan kata “Landing Page Social Media”, kata tersebut bisa disingkat hanya dengan kata “sosmed”.
Mengoptimalkan Gambar atau Video
Hal yang tak kalah penting dalam mengoptimalkan SEO khususnya pada sebuah konten, Gambar dan Video juga tidak boleh ketinggalan. Menambahkan gambar ataupun video dalam website kamu justru akan lebih menarik perhatian pengunjung website.
Jadi, daripada hanya menampilkan konten teks secara penuh, kamu bisa juga menambahkan foto atau video agar pembaca websitemu tidak bosan. Dikutip dari niagahoster.co.id, menurut Vidyard, artikel yang mencantukan video berpeluang 53 kali lebih besar untuk muncul di halaman pencarian google lho!
Membuat Konten yang Berkualitas
Cara optimasi SEO yang selanjutnya adalah membuat konten yang berkualitas. Berkualitas di sini yaitu konten yang kamu buat sebisa mungkin merupakan konten yang informatif dan diminati oleh audiensmu.
Konten yang kamu buat juga sebaiknya disesuaikan dengan tujuan pemasaran yang sedang kamu jalankan. Apakah untuk brand awareness, informasi mengenai layanan yang kamu buat, pengenalan produk baru, ataupun tujuan lainnya.
Di akhir konten, kamu juga bisa menyertakan unsur Call to Action agar calon konsumen potensialmu bisa langsung menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Menggunakan Tools Tambahan
Cara yang juga bisa kamu gunakan untuk mengoptimasi SEO websitemu adalah dengan menggunakan tools tambahan. Tools tambahan yang kamu gunakan juga dapat membantumu untuk memantau kinerja dari blog/website/kontenmu.
Tidak bisa dipungkiri, ada beberapa tools tambahan untuk analisis SEO yang bisa kamu gunakan untuk website kamu secara gratis, namun ada juga yang berbayar. Salah satu contoh tools analisis SEO yang gratis adalah Google Analytics. Kamu bisa menghubungkan website kamu dengan Google Analytics dan dari hasil tersebut, kamu bisa melakukan evaluasi agar website kamu dapat lebih optimal di kemudian hari.
Nah, Beberapa cara optimasi SEO biar bisnis onlinemu makin dilirik sudah dibahas di atas.
Jika kamu ingin menambahkan cara atau tips lainnya, kamu bisa tulis di kolom komentar ya!
Semoga bermanfaat.