Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Branding Digital Marketing Social Media Marketing

Copywriting yang bikin konsumen auto checkout

Pernahkah kamu membaca penjelasan ataupun iklan suatu produk dan kamu langsung ingin segera membelinya?
Hal tersebut membuktikan bahwa teknik copywriting bisa membuat calon konsumen membeli produk yang kamu jual!
Berikut beberapa teknik copywriting yang bisa kamu coba terapkan untuk bisnis kamu:

1. More Benefit

Seperti namanya, more benefit berarti berikan keuntungan lebih.

Apa maksudnya?

Kamu bisa menuliskan keuntungan sebanyak mungkin yang calon konsumen akan dapatkan saat membeli produkmu. Contohnya, saat kamu menjual wajan anti lengket, tulis benefitmu seperti: anti lengket, tidak mudah pecah, dapat memasak tanpa minyak, tidak mudah kotor, panas merata, dan pilihan warna yang banyak.
Dengan begitu, konsumen dapat melihat benefit yang akan ia dapatkan. Penulisan copywriting seperti itu dapat membuat calon konsumen auto check out keranjang.
Jangan lupa, tulislah benefit unggulan produkmu di urutan teratas ya!

2. Simpati dan empati

Sikap simpati dan empati bisa kamu terapkan dalam copywriting untuk menarik konsumen lho!

Gimana caranya?

Kamu bisa menuliskan bahwa kamu pernah di posisi yang sedang dirasakan oleh calon konsumen, kemudian produk yang kamu jual dapat menjadi solusi dari permasalahan yang kamu rasakan.
Sebagai contoh, kamu menjual produk vitamin rambut. Kamu dapat menulis:

3 tahun yang lalu, saya mengalami rambut rontok luar biasa. Rambut saya juga mengembang dan sulit diatur, sehingga menurunkan kepercayaan diri saya. Namun, masalah itu hilang setelah menggunakan vitamin rambut X. Perlahan namun pasti, rambut rontok saya berkurang dan rambut menjadi mudah diatur. Kini saya kembali percaya diri untuk tampil di depan orang dengan tampilan rambut saya.

Dengan memposisikan dirimu sebagai konsumen, mereka akan merasa relate dengan situasi itu, sehingga memperbesar kemungkinan mereka untuk membeli produkmu.

3. Cashback

Siapa sih yang gak seneng kalo dapet cashback?
Kamu bisa memberikan cashback untuk para konsumen agar dapat menambah daya tarik. Cashback yang diberikan tidak harus berupa uang, bisa juga berupa voucher maupun diskon. Mayoritas orang akan membeli produk dengan cashback, ditambah lagi sekarang lagi gencar-gencarnya cashback di berbagai platform belanja online. Makanya, kamu juga jangan sampai ketinggalan ya!

4. Scarcity

Kamu bisa manfaatin ketakukan konsumen kamu lho!
Eitss, tapi konteksnya bukan negatif yaa. Maksud dari scarcity yaitu kamu bisa memanfaatkan ketakukan konsumen akan barang yang cepat habis maupun harga yang berubah. Contohnya bisa berupa diskon, harga coret, hingga harga hemat yang terdapat tenggat waktu. Konsumen akan merasa was-was dan khawatir harga produk akan meningkat atau habis setelah tenggat waktu terlewat, disitu kamu bisa manfaatkan ketakukan mereka agar membeli produkmu.

5. Social proof

Banyak calon konsumen yang selalu mengecek review maupun testimoni sebelum berbelanja, karena mereka bisa mengetahui kualitas produk yang akan mereka beli. Kamu bisa menuliskan testimoni dari para pembeli sebelumnya, sehingga dapat membangun kepercayaan calon konsumen tentang produkmu.

Itu dia beberapa teknik copywriting yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan bisnismu, karena copywriting mempengaruhi keputusan calon konsumen dalam membeli suatu produk. Yuk langsung buka laptopmu dan tulis copywriting yang oke untuk bisnis kamu!

Author

Rayhan Putri

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Biko disini, Siap membantu Kamu, Silahkan tanya apa saja :)
👋 Hi, Ada yang bisa Biko bantu?