Sudah berapa banyak teknik penulisan dalam copywriting yang pernah kamu dengar ataupun pernah kamu gunakan?
Mungkin salah satu teknik yang paling familiar dan sedang kamu gunakan adalah teknik AIDA atau singkatan dari Attention, Interest, Desire dan Action. Nah, kali ini Biko mau kasih referensi teknik penulisan dalam copywriting lainnya yang bisa kamu gunakan selain AIDA.
Teknik yang akan Biko jelaskan ini pastinya juga mudah diterapkan dan membuat lebih banyak orang mau membaca iklan yang kamu tulis.
Teknik apakah itu?
Yuk, simak uraian di bawah ini ya!
Pernahkah kamu mendengar teknik PAS dalam copywriting?
Teknik PAS merupakan salah satu formula penulisan yang menjual dan sering digunakan dalam copywriting. Lewat teknik PAS, kamu bisa memasarkan produkmu dengan lebih efektif dan lebih menarik.
Istilah PAS adalah singkatan dari Problem, Agitate, dan Solution. Dari ketiga tahapan tersebut, terbentuklah akronim yang singkat dan mudah melekat dibenak kita, yaitu “PAS”. Pada teknik ini, formula yang digunakan adalah permasalahan yang sedang dialami oleh konsumen. Dari pemasalahan tersebut, nantinya penjual akan menawarkan solusi, sehingga konsumen akan semakin yakin untuk membeli produk yang dijual.
Nah, untuk mengenal lebih dalam mengenai formula ini Biko akan jabarkan penjelasannya sebagai berikut:
Problem
Seperti artinya, komponen problem berarti permasalahan yang akan menjadi awal dari tulisan copywriting. Dalam hal ini, kamu bisa menjelaskan permasalahan apa yang sedang dialami oleh konsumen atau audiens di awal kalimat.
Tidak perlu menuliskan terlalu banyak informasi yang justru akan membuat tulisanmu bertele-tele, cukup dengan menuliskan permasalahan inti yang benar-benar sedang dirasakan dan menjadi keresahan dari konsumen atau audiens.
Tulislah informasi yang akan membuat konsumen merasa relate dengan permasalahan yang kamu tulis, sehingga mereka akan langsung mengambil tindakan dari kalimat-kalimat awal di di iklan yang kamu tulis.
Perlu diingat, pada tahap ini, kamu harus melakukan riset mendalam terkait permasalahan apa yang sebenarnya sedang dialami oleh konsumen dan mereka membutuhkan produk/jasamu sebagai solusinya. Pahami dahulu target konsumenmu agar kamu memahami poin masalah mereka.
Agitate
Dalam teknik PAS, kamu juga perlu menyentuh sisi psikologis dari konsumen yang membaca iklanmu. Pada tahap Agitate inilah kamu akan menambahkan tulisan yang bisa mengundang emosi dari konsumen kamu.
Seperti artinya yaitu kecemasan, di bagian ini kamu bisa menjelaskan bagaimana kecemasan, kerepotan, kekecewaan yang konsumen sedang rasakan. Tulisan yang disusun juga harus bisa menggambarkan rasa empatimu bagi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen. Secara sederhananya, disini kamu bisa lebih mendramatisir permasalahan yang sedang dirasakan oleh konsumen.
Solution
Nah, pada tahap Solution ini lah kamu bisa memberikan solusi dari permasalahan konsumen yang kamu sebutkan di tahap sebelumnya, dengan menawarkan produk kamu. Solusi yang kamu cantumkan di akhir tulisan copywritingmu ini akan menjadi jawaban yang sangat solutif bagi konteks permasalahan konsumen yang kamu telah susun.
Itu dia teknik penulisan copywriting PAS yang bisa kamu pakai untuk mengiklankan produk yang kamu jual biar jualanmu bisa makin laris.
Semoga bermanfaat.