Kenalin 2 strategi iklan yang dipakai merek besar dan tentunya works!
Sobat Biko udah kenal belum nih istilah Seasonal Marketing dan Ambush Marketing?
Yuk kenalan dengan strategi Seasonal Marketing dan Ambush Marketing buat bikin bisnis kamu semakin meledak dan banyak closingnya!
Pertama tama kita kenalan dulu dengan Seasonal Marketing, Seasonal Marketing ialah jenis marketing yang hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu dalam satu tahun. Berbeda dengan strategi bisnis yang dilakukan setiap hari, Seasonal Marketing hanya dilakukan beberapa kali saja dalam kurun waktu satu tahun dan melihat momen yang tepat untuk melakukannya.
Lanjut kita kenalan sama Ambush Marketing, Ambush Marketing adalah strategi pemasaran yang mengaitkan produkmu kedalam sebuah event tertentu yang tentunya sesuai dengan produk mu untuk mendapatkan exposure.
Sekarang mari kita bongkar lebih dalam mengenai Seasonal Marketing dan Ambush Marketing.
Kaya yang udah biko jelasin sebelumnya, Seasonal Marketing digunakan pada moment tertentu saja kan, nah contoh moment tertentunya tuh seperti lebaran, hari kemerdekaan, Natal dan hari-hari besar lain. Coba deh Sobat Biko sebutin contohnya apa produk yang pakai strategi marketing ini di moment tersebut…
Yaps.. bener banget! sirup…
Sirop dan jajanan khas lebaran menggunakan strategi ini buat mendongkrak penjualannya di saat lebaran, biasanya iklan sirup di bombardir banget kan ketika ramadhan, di semua channel dan disetiap waktu. Brand sirup akan mendapatkan banyak keuntungan di masa lebaran karena budaya masyarakat kita yang selalu menyajikan sirup di hari lebaran. Tapi saat momennya udah lewat sirup kembali tidak hype dan pemasaran juga berhenti, kaya yang kita lihat nih, kalau enggak lebaran jarang yang cari dan beli sirup…. yasihhh… kecuali tukang es hehehe
Nah apa si benefit pakai strategi Seasonal Marketing?
- Meningkatkan brand awareness suatu produk
- Meningkatkan penjualan produk
- Membangun hubungan dengan pelanggan
Beralih ke Ambush Marketing, kaya yang udah Biko jelasin tadi, strategi ini emang mengaitkan brand kamu dengan sebuah event, yang lebih mendalam lagi kamu bisa membuat brand kamu layaknya penyokong terbesar dari event ini, buat framing dalam iklanmu bahwa brandmu berkontribusi besar dalam event ini, walau sebenarnya banyak brand lain sejenis yang juga mendukung event tersebut.
Benefit pakai strategi Ambush Marketing
- Bisa meningkatkan brand equity dan awareness
- Biaya operasionalnya lebih murah
- Meningkatkan kreatifitas brand dalam beriklan
Nah dari dua strategi ini, kamu lebih milih strategi yang mana nih Sobat Biko buat strategi andalan bisnismu?