Sudah pernah mendengar teknik 4U dalam copywriting? Kalau belum, teknik copywriting yang satu ini bisa jadi salah satu pilihan formula yang bisa bikin headline tulisan kamu makin ciamik, lho! Yuk, kita kenalan!
Teknik 4U dalam copywriting merupakan sebuah formula yang digagas oleh MichaelMasterson, seorang ahli coywriting. Istilah “4U” adalah singkatan dari Useful (berguna), Unique (unik), Ultra-Specific (sangat spesifik), dan Urgent (mendesak).
Biasanya, teknik ini digunakan dalam kepenulisan konten artikel dalam blog ataupun halaman website, utamanya untuk membuat headline yang kuat dan menarik.
Formula 4U juga bisa digunakan untuk headline iklan, tulisan untuk email marketing, ataupun tulisan copy lainnya yang membutuhkan kesan kuat pada headline.
Untuk menggunakan formula 4U, kamu enggak harus menggunakan keempat formula tersebut sekaligus ataupun menggunakannya sesuai urutan. Jadi, kamu bisa hanya menggunakan satu formula saja sesuai dengan kebutuhan kamu.
Terus, penjelasan dari Useful, Unique, Ultra-Specific, dan Urgent itu apa Biko?
Biar kenal lebih dalam, yuk, simak penjelasan Biko berikut ini :
- Useful
Selaras dengan istilahnya, useful berarti berguna. Berguna dalam hal ini adalah bagaimana tulisan yang kamu buat mampumenjawab permasalahan pembaca dan berguna ketika mereka sedang mencari kata kunci tertentu.
Contohnya, ketika audiens sedang mencari informasi bagaimana cara merawat rambut yang rusak, kamu bisa menuliskan judul headline untuk konten artikel di website kamu seperti ini : “Ini Dia, Cara Rawat Rambut kamu yang Rusak biar Sehat Kembali!”.
Dalam penggunaan komponen useful, kamu bisa menonjolkan manfaat-manfaat yang sedang dicari oleh audiens hanya dengan judul headline.
Mereka akan membaca konten tulisan kamu secara penuh karena menurut mereka, tulisan kamu adalah solusi dari permasalahan yang sedang mereka cari.
- Unique
Komponen selanjutnya adalah unique atau unik. Unik dalam formula 4U ini berarti mampu “mengejutkan” audiens sehingga mereka mau melihat hingga membaca kontenmu sampai selesai.
Untuk menggunakan komponen ini, kamu bisa menggunakan kata sapaan yang akrab kepada audiens. Misalnya, “Fresh Graduate! Persiapkan 5 Hal ini Sebelum Mulai Kerja.” atau “Penyebab si kecil tantrum yang Parents Wajib Tahu.”
Pada contoh tersebut, judul menjadi unik karena menggunakan kata “fresh graduate” yang bertujuan untuk menyapa para lulusan baru, dan “si kecil” serta “parents” yang ditujukan untuk menyapa para orangtua.
Meskipun harus unik, hindari kata-kata yang menyinggung atau bahkan informasi palsu/hoax yaa, sobat Biko!
- Ultra-specific
Komponen Ultra-specific adalah penggunaan kata-kata untuk judul tulisan dengan sangat spesifik/detail sehingga audiens memiliki gambaran secara keseluruhan dari tulisan yang kamu buat.
Misalnya, kamu bisa menambahkan detail angka seperti : “5 Cara Biar Konten TikTok-mu Auto FYP terus!”. Contoh tersebut, berarti menunjukkan secara spesifik 5 cara yang bisa dilakukan kepada para content creator di platform TikTok.
Kamu juga bisa menambahkan detail harga spesial atau kata detail lainnya yang bisa menarik audiens secara spesifik.
- Urgent
Terakhir, komponen urgent (mendesak) berarti bagaimana membuat audiens yang membaca bertindak karena adanya “desakan”.
Dalam hal ini, kamu bisa membuat judul tulisan yang membuat audiens merasa penting dan segera bergerak cepat setelah membaca judul tersebut.
Sebagai contoh, “Penting! 5 Alasan Kamu Harus Siapin Dana Darurat Mulai Sekarang!”.
Judul tersebut menunjukkan kesan penting karena menyajikan kalimat yang membuat audiens harus bertindak cepat untuk menyiapkan dana darurat mereka setelah membaca tulisanmu.
Headline yang kuat, akan mampu membawa audiens untuk membaca tulisan artikelmu hingga selesai, bahkan mampu membuat mereka bertindak sesuai dengan tulisan yang kamu buat.
Itu dia penjelasan dari teknik 4U dalam copywriting. Semoga bermanfaat!