Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS
Uncategorized

TIPS MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PADA PRODUK BARU MELALUI PENGALAMAN MULTISENSORI

Dalam mengenalkan suatu produk atau brand baru memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun hal tersebut tetap dapat kita usahakan, salah satunya yaitu melalui pengalam multisensori.

Berbicara mengenai multisensori manusia merupakan makhluk yang dianugerahi panca indra. Pancaindra ini selalu digunakan dalam kehidupan mereka. Ini yang dinamakan multisensori element. Nah dengan adanya panca indra tersebut dapat kita gunakan untuk memperkenalkan suatu produk baru.

Lalu bagaimana ya caranya untuk mengenalkan produk baru melalui pengalaman multisensori?

Yuk, Kita simak penjelasnya di bawah ini :

Shaz Smilansky di dalam bukunya Experiential Marketing menjelaskan mengenai multi-sensory

element di mana mengikuti keinginan pelanggan yang dinilai dari touch, taste, smell, hear, and sight.

1.       Sound
Dalam hal ini bunyi bisa berupa suatu jingle, jenis suara atau bunyi yang mendukung kegiatan branding.
Contohnya : Bunyi khas dari penjual tahu bulat atau penjual roti Sari Roti.

2.       Sight
Penglihatan dapat kita bangun melalui beberapa aspek seperti warna warna, logo, produk dan tampilannya. Aspek lain misalnya Gambar, Pernah mendengar istilah “pictures talk “ dengan melihat gambar orang bisa memahami dan ingat terhadap suatu brand.

3.       Taste
Merupakan suatu usaha untuk mendapatkan rangsangan dari lidahnya. Misalnya dengan menggunakan makanan atau minuman dapat menunjukkan empati rasa empati, membuat perasaan menjadi lega dan bahkan memberikan kesenangan.
Contohnya : Ketika masuk atau datang ke suatu hotel biasanya akan diberikan welcome drink.

4.       Touch
Hal ini dilakukan untuk mendesain atau membuat konsep bagaimana cara untuk membuat konsumen melakukan kontak dengan brand dengan memegang, merasakan, membelai merupakan cara dasar yang menyenangkan untuk menjelajah atau mengenal brand seperti mengenal dunia.
Contohnya : Brand botol kemasan Aqua mengajarkan kita untuk meremuk kemasannya saat telah habis di minum.

5.       Smell
Bau-bauan bisa membantu kita untuk mengidentifikasi suatu produk maupun orang.
Contohnya : Bau harum kas masakan ayam KFC, bau harum khas toko kue.

Nah dengan membagun 5 hal tersebut kita dapat dengan lebih mudah untuk mengenalkan suatu produk kepada khalayak luas. Jadi, bagaimana? Apakah produk kalian sudah mempunyai 5 elemen multi-sensory tersebut?

Semoga informasi ini membantu ya!!

Author

Justicia Arda

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Biko disini, Siap membantu Kamu, Silahkan tanya apa saja :)
👋 Hi, Ada yang bisa Biko bantu?