Over 10 years we helping companies reach their financial and branding goals. Onum is a values-driven SEO agency dedicated.

CONTACTS

Pemasaran jelas punya segudang strategi yang bisa kamu terapkan agar produk  bisnis kamu dapat terjual dan kamu bisa terus mempertahankan komunikasi dengan para konsumenmu. Diantara banyaknya strategi pemasaran kali ini Biko mau nyaranin kamu buat pakai Teknik AIDA buat menjalankan bisnismu.

Apa si AIDA itu?

AIDA ialah sebuah teknik pemasaran yang sudah banyak digunakan diseluruh negara di dunia.Teknik AIDA dapat meningkatkan produk dan layanan bisnis kamu, disisi lain komunikasi yang intens antara penjual dan pembeli adalah salah satu kunci agar penawaran kamu tepat sasaran.

Mengapa harus menggunakan AIDA?

Teknik AIDA meyakini bahwa pengambilan keputusan pembelian ialah sebuah proses psikologi yang dilalui oleh manusia. Tahapan awal dalam proses pembelian ialah tahap perhatian terhadap sebuah produk dan dilanjutkan dengan tahap memiliki kesan pada produk tertentu, setelah seseorang terkesan akan sebuah produk maka ia akan tertarik pada produk tersebut, dan berminat untuk memiliki produk, dilanjutkan dengan rangsangan persuasive yang memikat maka seseorang bisa saja melakukan aksi pembelian produk.

Tahapan pembelian produk ini layaknya tahapan dalam konsep AIDA dimana A (Attention), I(Interest), D(Desire) dan A(Action). Tahapan AIDA ini sudah paten tersusun A-I-D-A tidak mungkin terbalik atau bahkan terlewati salah satu tahapannya.

Bagaimana kerja AIDA dalam strategi pemasaran?

Tahapan AIDA didasarkan pada 4 konsep yang dapat menarik pihak sasaran untuk memutuskan mengambil produk atau layanan. Berikut ini tahapan AIDA dalam strategi pemasaran:

Attention

Dalam tahapan ini kamu harus dapat menarik perhatian konsumen sasaran kamu untuk minimal aware terhadap produk yang kamu tawarkan.  Kamu bisa menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumenmu, buatlah iklan yang menarik, gunakan media yang sesuai dengan target marketmu, gunakan promosi berupa iklan serta kamu juga bisa menggunakan influenser atau KOL untuk memperluas pasar.

Interest

Dalam tahapan ini setelah target market mengetahui brandmu, kamu bisa lanjut ke tahapan Interest yakni membangun minat market kamu pada produk yang kamu tawarkan. Disini kamu harus dapat menyajikan kelebihan, keunggulan dan daya tarik produkmu dari produk sejenis lainnya. Kamu juga bisa menarik minat konsumen dengan cara memberikan konten yang relevan dengan produk yang kamu tawarkan.

Desire

Dalam tahapan Desire kamu harus mulai membangkitkan minat beli dalam diri konsumen dengan cara jadikan produkmu sebagai jawaban atas masalah dari konsumenmu, sehingga market akan semakin berminat untuk menggunakan produk yang kamu tawarkan. Dalam tahapan ini kamu bisa gunakan strategi copywriting yang sesuai dengan tingkatan usia target market kamu agar konten yang disajikan dapat lebih mengena di hati konsumen, dan mereka merasa produkmu ialah produk yang memang mereka banget, produk umuran mereka dan menjawab pertanyaan mereka.

Action

Action adalah tahapan terakhir pada konsep ini, tahapan action memungkinkan kamu mengajak pelanggan untuk melakukan aksi terdapat produk yang kamu tawarkan, tentunya dengan membeli produkmu dong ya…

Tapi, apakah kamu akan menyuruh mereka membeli produkmu dengan cara “yuk beli yuk” tentunya tidak kan ya, oke dalam tahapan ini kamu bisa menggunakan CTA (Call To Action) sebagai bentuk hipnotis pada calon konsumen untuk membeli produkmu tapi tidak ditawarkan secara serta merta.

Inilah konsep AIDA yang bisa kamu terapkan untuk bisnismu agar produk yang kamu tawarkan bisa ngena di hati konsumen!

Share Info ini Yuk !

WeCreativez WhatsApp Support
Biko disini, Siap membantu Kamu, Silahkan tanya apa saja :)
👋 Hi, Ada yang bisa Biko bantu?